TATA PONDASI RUMAH : PONDASI BETON

PONDASI RUMAH

Semua jenis pondasi memiliki karakteristik tersendiri, sehingga setiap kontraktor atau pemborong mem-promosikan sistem yang ada dengan kekuatan masing-masing. Jika kita ingin membangun rumah, tentulah kita akan memilih pondasi yang kuat menahan energi yang ada nantinya.

Sebuah pondasi beton rumah sebenarnya adalah dari batu. Ada jenis batuan tampak seperti dari berbagai campuran yang mengeras disebut beton. Campuran tersebut, utamanya terdiri dari semen, dan split dan air, setelah setelah dicampur lalu dikeringkan, maka campuran tersebut akan bertahan dalam jangka waktu lama bisa-bisa hingga ratusan tahun. Tambahkan besi/baja untuk beton akan meningkatkan kekuatan.

Mungkin kita tidak peduli bahwa kekuatan beton dapat berlangsung selama ratusan tahun, karena sebelum sampai ratusan tahun, mungkin kita sudah membangun baru rumah lagi. Tapi setidaknya -  kita menginginkan kekuatan beton yang dapat kuat saat menempati rumah,  tanpa pernah harus khawatir satu saat pondasi beton rumah menjadi bergerak, retak atau rubuh.

Beton yang masih cair perlu tempat untuk menuangkannya, tempat ini disebut bekisting. Bekisting beton secara teknis adalah tempat beton ditungkan. Jika kita memutuskan untuk menggunakan pondasi beton, pastikan untuk meletakkan bekisting dengan benar untuk menuangkan beton. Kita juga perlu besi / baja vertikal dan horisontal di beton untuk menambah kekuatan terhadap kuat tarik ataupun kuat tekan beton tersebut,  sehingga kekuatan pondasi  menjadi bertambah, dan  dapat menahan gaya geser dari pergerakan alam.

Jika kita menggunakan beton sebagai pondasi , maka kita mesti memerlukan memperhatikan spesifikasi bekisting beton. Jangan berharap bahwa kontraktor akan melakukannya dengan benar, bekisting mestilah menjadi perhatian extra agar menghasilkan kekuatan tinggi. “Jangan pernah membuat keputusan berdasarkan harapan”.

Spesifikasi pondasi beton yang diperlukan perlu perhitungan secara benar, yaitu untuk perhitungan spesifikasi kebutuhan besi horizontal dan vertikal, ukuran, jarak dan penempatan besi / baja, kekuatan beton, dll . Perlu juga untuk diingat cuaca saat beton dituangkan, jika cuaca dingin perlu ditambahkan zat aditif agar hidrasi beton dapat berjalan dengan baik.

Campuran beton khususnya pondasi beton, biasanya akan berisi campuran batu, pasir, semen dan air . Agar beton dapat mengering dengan baik berilah penutup beton saat dikeringkan, dapat menggunakan plastik atau karung goni yang dibasahkan. Penutup ini perlu dilakukan agar beton dapat terhidrasi dengan baik. Kita juga perlu menyirankan air secukupnya saat proses pengeringan beton, agar beton dapat terdilusi dengan matang. Waktu untuk menunggu beton kering menurut SNI ( Standar Nasional Indonesia ) adalah 28 hari, waktu ini dapat dipersingkat dengan menambahkan zat aditif. Jika kesulitan dalam membuat beton untuk rumah kita, maka dapat juga dengan menggunakan beton siap jadi yang banyak dijual dipasaran, contohnya : readymix, adhimik,holcim dan lain-lain.

Bagaimana dengan beton anda ? …

JANGAN LUPA… KOMENTARNYA YA !!!!!….

 

About these ads

Komentar ditutup.

  • TATA MATERIAL

    HPL, Melamik, Tacon, Engsel, Hendel, Supercon, Lem, Wallpaper, Paku, Skrup, Mur, Baut, Kompresor, Jigsaw, Playwood, Multiplek, Blokboard, Playwood Jati, Playwood Sungkai, Playwood Mahoni, Venner, Lem Pitih, Vynil, Parquet, Marmer, Jati, sungkai, Granit, Hardener, Sending, Batu Bata, Semen, Besi, Pasir, Cat, Kabel, Pipa Listrik, Pipa Air, Stop Kontak, Saklar, Roda, Kaca, Cermin, Sandblast.

  • TATA DESAIN

    Desain Apartment, Desain Interior Apartemen, Desain Interior Rumah, Desain Rumah Tinggal, Desain Kantor Minimalist, Desain Contenporer, Desain Minimalis Modren, Desain Modren, Desain Kontenporer Modren,Desain Klasik, Desain Tradisional, Desain 3 Dimensi, Desain Denah, Desain Layout Rumah, Desain Apartemen Kecil, Desain Rumah Mungil, Desain Minimalist Rumah, Desain Apartemen Mewah

  • TATA BANGUN DAN INTERIOR

  • TATA FURNITURE

    Kitchen Set, Aksesoris, Wardrobe, Credenza, Tempat Tidur, Furniture, Lemari Pakaian, Tempat Tidur Anak, Lemari Gantung, Dapur, Entertain Uni,t Lemari Wastavel, Meja Makan, Booth, Engsel, Hendel, Stainless Steel, Desain, Interior, Rel, Minimalis, Modren, Deco, Klasik, Melamik, Duco, HPL, Dapur, Ruang Makan, Tamu, Apartemen, Dining Room Coffe Table, Sofa.

  • Stats

    • 235,665 hits
  • Saudara Kita

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 79 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: